Troubleshooting kalo ngeliat dari artinya mungkin mengecek masalah (mungkin, karena kan gw bukan orang inggris…). Nah, disini gw pengen ngasih tau dikit cara mengetahui masalah komputer yang terjadi ketika komputer kita gak nampil sama sekali.

Pernah kejadian kan, ketika kita sedang pake komputer tau-tau mati. Ato saat kita sedang pengen nyalain, tiba-tiba komputer gak nyala-nyala…nah gimana? Apa, saking kalutnya karena ada tugas mendadak dari dosen kita bawa aja PC ke tempat servis? (taunya yang rusak bukan PCnya, tapi monitornya), ato nyerah langsung ke rental atau warnet untuk ngerjain tugas? (woi…enakan kerjain dirumah lagee).

Nih, tak kasih tau dikit ya…(bukanya sok tau lho)

Pertama,
Don’t panic…nyantai aja lagi

Kedua
Coba sekali lagi idupin (kali aja yang pertama kurang pencet, ato memang kurang beruntung…)

Ketiga (kalo gak juga)
Cek kabel-kabel, udah bener belom pasangnya. Jangan-jangan emang blom dipasang ato listriknya memang mati. Kalo pake kabel roll, cek juga rusak gak.

Keempat (blom juga? nih mulai teknis)
PC yang baik ciri-cirinya umum adalah sebagai berikut: kalo di pencet power, lampu power nyala, lalu ada bunyi kecil “beep“, terus lampu NumLock nyala.
Nah, kalo ketiga-tiganya OK, ada beberapa kemungkinan; VGACard rusak, atau kabel data dari monitor ke CPU kurang masuk, dan monitornya rusak.
Kalo lampu NumLock nya yang gak nyala, ‘paksa” aja pencet NumLock ato CapsLock, nyala gak? kalo nyala posisi aman…
Kalo gak ada bunyi ‘beepliat lampu Numlock aja, sebab kadang teknisi memang gak pasang speaker dalem.
Kalo lampu power yang gak nyala? liat tulisan dibawah ini aja ya…sabar!

Kelima (lebih teknis)
Nih untuk lampu power yang masih nyala lho…
Buka Casing komputer, terus kenceng-kencengin kabel-kabel dalam, card-card, Ram, kabel-kabel luar. Coba idupin lagi…

Keenam (masih blom bosen kan?)
Coba cabut satu-satu card yang ada, terus diidupin. Ada bunyi ‘beep‘ gak? (yakinkan speaker dalam kepasang, kalo gak pencet tombol NumLock ato CapsLock nyala gak?). Kalo ada, berarti card yang dicabut itu yang rusak.

Ketujuh
Coba cabut memori (RAM), biasanya komputer yang tidak terpasang memorinya akan berbunyi ‘beep’ yang terus menerus. Kalo iya, berarti Ram nya minta diganti, kalo gak ada bunyi kemungkinan ramnya gak apa-apa…
(kalo ramnya rusak, coba bersihkan dulu soketnya dengan penghapus ballpoint yang warnanya biru merah-ingat! jangan pake amplas).

Kedelapan
Kalo udah diikutin prosedur diatas tetep gak bisa hanya ada dua kemungkinan; kemungkinan paling besar Motherboard nya yang rusak, kemungkinan kedua Processor nya yang rusak..
Untuk memastikan memang susah kalo bukan teknisi (karena teknisi punya stok motherboard Ok dan bisa untuk ngetes processor, ato sebaliknya ada stok processor Ok untuk ngetes motherboard).
Paling untuk melihat kemungkinan lebih deket, liat secara fisik ke motherboard, ada elcho-elcho yang nggelembung gak, ada chipset atau IC yang kebakar gak? Kalo iya, yakin pasti motherboardnya!

Kesembilan
Power Supply juga berpengaruh kepada kerja komputer. Biarpun dibilang kemungkinannya kecil untuk power supply yang hidup tapi gak ‘ngangkat’ komputer, tapi kejadian ini cukup banyak teknisi alami. Bila ada power supply cadangan, coba ganti power supply, syukur-syukur kalo lo bisa ngukur tegangan power supply..

Kesepuluh
Bila power tidak nyala sama sekali, cek power supply. Caranya dengan mencabut kabel power supply yang ke Motherboard dan mengecek kerja power supply.
Cabut power dari motherboard
Gambar milik reprap.org

bypass (pasang langsung) kabel power on (biasanya berwarna hijau) dengan kabel ground (biasanya berwarna hitam).
Bypass kabel power on dengan ground
Gambar milik jestineyong.com


Gambar milik notebook.arkane-systems.net

Bila power supply tidak hidup dengan cara ini, berarti anda tinggal menggantinya dengan yang lain, bila tidak…anda harus keluar kocek lebih dalam untuk mengganti motherboard.

…setidaknya anda tidak keluar ongkos servis, ya gak???