Crack yang Bikin Bingung

Crack adalah membobol. Dalam istilah komputer crack diartikan sebagai melakukan pembobolan password atau kunci suatu program agar program tersebut dapat digunakan tanpa perlu membayar.

Tentu saja program berbayar yang jadi sasaran para cracker. Aktifitas cracking ini memiliki bermacam tujuan. Ada yang sekedar “mencoba” ilmu, ada yang bertujuan popularitas, dlsb. Tetapi yang terbanyak, adalah ketidak setujuan terhadap program-program berbayar dengan mematok tarif yang tinggi. Ilmu seharusnya gratis, mungkin begitu kira-kira.

Tapi what else lah…sekarang kita bahas cara penggunaannya aja ya? Bagi sebagian orang, penggunaan crack mungkin sudah sangat familier dan mudah, tapi bagi sebagian yang lain, mungkin membingungkan. Dan tulisan ini hanya untuk yang kebingungan aja ya…

Cara penggunaan crack bermacam-macam. Disini saya tulis sebagian berdasarkan pengalaman saya. Selebihnya kalo ada yang terlewat silakan menambahkan.

1. Serial No

Ini adalah jenis crack yang paling mudah. Tinggal masukan serial number, program telah aktif secara otomatis. Untuk memasukannya akan lebih mudah dengan mengcopy pastekan serial no yang di dapat dari crack.

2. Keygen

Keygen menurut saya (ini asli menurut saya, abis males untuk googling liat artinya) adalah key generate. Artinya, dalam sebuah keygen terdapat berbagai serial number yang bisa digunakan. Cukup generate, maka keygen dapat digunakan.

3. Patch

Patch adalah metoda untuk mengadakan perubahan program dengan jalan memodifikasi program tersebut.

Patch ada dua, patch file execute (.exe) dan patch file untuk merubah registry

Patch file execute harus diletakan dalam sebuah program yang sudah di instal. Setiap installasi sebuah program, hasil instalasi biasanya diletakan dalam direktori programfiles. Cari folder program hasil instalasi dan letakkan patchnya disana.

Patch untuk merubah registry program tidak harus diletakan di program hasil instalasi, tapi akan lebih baik bila diletakkan. Lalu buka file patch maka program akan teraktifasi setelah ada keterangan patching done. Bila tidak diletakkan di file hasil instalasi, patch registry akan meminta anda untuk browse dimana program hasil instalasi tersebut diletakkan.

4. Gabungan serial no dan patch

Beberapa program yang sulit untuk di crack, maka para cracker tidak kehilangan akal untuk tetap bisa membobolnya. Salah satunya dengan penggabungan dua model crack yaitu serial no dan patch.

Pertama sebuah program diinstalasi, lalu ketika diminta untuk memasukan serial no, maka masukan serial no yang ada di crack. Sanggat mungkin juga, serial no yang dimasukan adalah serial no “asal” seperti 1111-111111. Lalu setelah instalasi selesai, jalankan atau copy patch yang ada di folder crack.

5. Gabungan keygen dan keygen

Pada penggabungan ini, serial no hasil generate pertama jangan anda tutup dulu. Sebab besar kemungkinan anda akan ditanya kembali ketika aktifasi. Juga jangan melakukan generate serial no, karena hasilnya akan di dapat serial no yang berbeda.

Setelah program terinstalasi, program meminta aktifasi baik lewat email, telepon, maupun aktifasi online.  Pilih “i have an activation code”. Jalankan keygen. Maka anda akan diminta memasukkan serial no yang anda masukan. Lalu generate, maka akan keluar activation code. Masukan activation code yang anda dapat pada program anda. Program telah teraktivasi.

Demikian dulu tulisan saya, yang mau nambahin monggo… apalagi yang nambahin cracker beneran…