Mungkin kedengaran aneh; WYSIWYG dan memang deretan huruf yang aneh. Barisan banyak konsonan yang kalau orang Indonesia coba mengeja dengan tata bahasa Indonesia akan tidak terbaca. Begitu juga dalam ejaan bahasa Inggris pun tetap terdengar aneh. WYSIWYG dibaca {Wizi wig}. Aneh…

WYSIWYG adalah Ungkapan sebuah frase yang dipopulerkan oleh Flip Wilson ‘s drag persona “Geraldine” (dari Rowan & Martin’s Laugh-In pada akhir 60-an dan kemudian pada The Flip Wilson Show sampai 1974), yang akan sering berkata “Apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan “untuk alasan-nya perilaku unik {WIKIPEDIA}.

WYSIWYG yang merupakan singkatan dari What You See Is What You Get {Apa yang anda lihat adalah apa yang anda dapatkan/rasakan}. Dalam bidang komputer merupakan sebuah perkembangan dari bentuk bahasa program dan penggunaan aplikasi program yang “tidak berbentuk” menjadi berbentuk. Bila anda kembali ke tahun 90’an, anda pasti tahu aplikasi program seperti WS {WordStar}, dan bermacam aplikasi lain yang mengharuskan penggunanya meletakkan perintah dasar seperti Ctrl-K-B untuk memblok kata yang akan dibuat Bold {tebal}. Lalu di layar munculah bentuk seperti ^BJakarta^B dengan arti ‘Bold kata Jakarta’. Belum lagi perintah untuk margin dan paragraf yang dituliskan dulu perintahnya dengan .ls2 {yang artinya 2 spasi} atau .ls1 {yang artinya 1 spasi} tapi dengan tampilan yang sama {tanpa perbedaan spasi dalam tampilannya}. Dan hasil cetak yang dihasilkan akan sama sekali berbeda dengan tampilan di layar.

WYSIWYG muncul dari sebuah gagasan bahwa apa yang terlihat dilayar, akan terlihat seperti yang tercetak.

Asal usul ungkapan ini dari salah satu teknisi (Larry Sinclair) di Triple I (Informasi Internasional) untuk mengungkapkan gagasan bahwa apa yang Anda lihat pada layar adalah apa yang Anda dapatkan pada printer pada “Page Layout Sistem” pra-tekan typesetting sistem pada waktu yang disebut “sistem AIDS – Automated Informasi Sistem Dokumentasi prototipe pertama ditampilkan di ANPS di Las Vegas dan membeli langsung dari lantai showroom oleh Pasadena Star News tahun itu. {WIKIPEDIA}

Sehingga kesalahan dalam menuangkannya di media cetak bisa lebih di minimalkan. Apa yang anda lihat, itulah yang anda dapatkan.

Istilah WYSIWYG terus digunakan hingga kini. Dengan pendekatan yang lebih realita antara tampilan di layar dengan hasil yang di dapatkan. Perkembangan ini tidak terlepas dari kemampuan resolusi sebuah layar monitor.