Hari ini ada sesuatu yang mengejutkan selagi saya di sekolah. Sedang santai-santai di kelas, tiba-tiba ada yang berteriak-teriak mengenai sebuah website yang alkisah dapat menjawab (dengan tepat) semua pertanyaan anda.

Omigot. Tak lama kemudian, anak-anak kelas berebut mencoba di komputer kelas. Namun tidak ada yang membuahkan hasil; sejauh-jauhnya hanya celotehan tentang “anda kurang percaya” atau “saya tidak mau jawab”. Halah.

Hingga akhirnya ada teman dari kelas lain yang (ceritanya) “percaya”, dan, ternyata, selagi dia yang memegang kendali sang jin menjawab semua pertanyaan – bahkan yang sangat personal sekalipun – dengan akurat!

Saya akan membahas lebih banyak mengenai website ini di bagian bawah tulisan ini. Mungkin anda ingin mencobanya.

www.peteranswers.com

Cara menggunakan: Tunggu halaman selesai loading. Di kotak input paling atas, ketik “Peter, please answer:” atau “Peter, please answer the following question:”. Kemudian, secara automatis anda akan pindah ke kotak bawah, di mana anda dapat mengetik pertanyaan anda. Akhiri dengan tanda tanya, atau tekan enter. Tunggu sesaat, dan peter akan menjawab. (Saat pertama kali mencoba, anda akan ditanyai dulu persetujuannya. Tekan “I agree”.)

Selamat mencoba. May the souls be with you.

(Saya akan menganalisa website tersebut lebih lanjut dalam post ini. Jika anda tidak ingin tahu, harap tidak membuka kelanjutan post ini.)

Ok, bagaimana? Dapat hasil? Wah, pasti anda kurang percaya… Kasihan. Coba deh, sedikit lebih percaya.

Ah, sekali lagi dicoba. Konsentrasi.

Pasti bisa!

Ayolah.

Ok, ok, ok. Anda bisa menebak kalau ada yang tidak beres di sini. Ingin membaca analisa saya? Silahkan.

Ini merupakan analisa website tersebut. Bagi yang tidak ingin mengetahui lebih lanjut, berhentilah membaca. Sekarang.

Sekarang, ayo kita analisa sedikit lebih mendetail alur penggunaan fasilitas ini. Pertama, kita harus mengetik “Peter, please answer:” atau versi panjangnya, kemudian automatis kita akan pindah ke bawah dan dapat mengetik pertanyaan. Ada beberapa hal yang janggal bagi saya.

Hanya beberapa orang yang bisa menggunakannya. Selain mereka, peter benar-benar menolak menjawab.
Mengapa kita harus mengetik berulang-ulang “petisi” itu?
Mengapa kita dengan alangkah baiknya dibantu oleh script, sehingga dengan diketiknya tanda “:” langsung berpindah kotak, dan dengan tanda tanya langsung terkirim?
Mengapa bahasa apapun bisa dijawab?
Mengapa harus sesuatu yang pasti?
Jika anda ingin menganalisa sendiri, silahkan. Saya akan lanjut.

Bagaimana jika saya langsung to-the-point tentang bagaimana cara membuat seisi ruangan merinding, orang teriak-teriak ayat kursi dan bahkan melemparnya? Sederhana.

Inilah penjelasan triknya, bagi anda yang tidak tidur tiga hari sembilan malam karena Peter Answers. Enjoy.

Cobalah ketik sebuah tanda titik (”.”) di kotak atas, yang ceritanya adalah petition. Tapi yang keluar adalah huruf P. Sekarang coba ketik apa saja yang anda mau. Keluarnya bukanlah apa yang anda ketik, melainkan huruf-huruf “eter, please answer”, sepanjang jumlah huruf yang anda ketik. Dengan kata lain, yang tampil di layar selalu tulisan tersebut, bukan yang anda ketik, selama anda telah menekan titik pada saat pertama mulai mengetik. Ajaib, toh?

Lanjut. Setelah anda menekan titik kemudian huruf apa saja (yang tampil sebagai bagian dari “petisi” yang seharusnya ditulis), coba tekan lagi tanda titik. Sekarang yang anda ketik benar-benar akan sampai ke layar. Silahkan ketik sisa petisi, melanjutkan dari apa yang sudah terlihat.

Sekarang, tekan tombol titik dua (”:”). Ok, sudah pindah ke kotak bawah. Nah, isikan pertanyaan anda di situ. Lanjutkan ke seperti biasa.

Dan hasilnya?

Huruf-huruf di antara kedua titik tersebut akan dituliskan sebagai jawaban dari Peter. Ini rahasianya. Jadi, majulah ke keyboard, dan coba ini di depan teman-teman anda. (Ini bekerja jauh lebih efektif di komputer yang keyboardnya jauh dari layar, tidak cocok di notebook. Jangan sampai orang melihat apa yang anda ketik!)

Saya akan akhiri dengan sebuah contoh. Misalkan, saya akan menanyakan warna tas saya (hijau).

Di petisi, yang saya tekan pada awalnya adalah: “.hijau.”. Yang tampil adalah “Peter, “. Ok, sekarang saya akan selesaikan kalimat tersebut dengan normal: “please answer:”. Dan di bawah, seperti biasa akan saya tulis: “Apa warna tas saya?”. Dan keluarlah, “Peter answers: hijau”. Ajaib… Benar-benar ajaib, seberapa jauh tipuan sederhana bisa membuat orang ketakutan.

Oh ya, petisi lebih panjang “Peter, please answer the following question:” adalah untuk jawaban yang lebih panjang.

Selamat menipu.

Perhatian!! Jangan masukkan data pribadi anda!
Bisa jadi Peter Answers adalah teknik penjebakan untuk menarik informasi mengenai orang-orang diam-diam. Dia merekam segala sesuatu yang anda ketik dan mungkin menyimpan data tersebut di servernya. Karena itu, JANGAN SEKALI-KALI MENGIRIMKAN DATA PRIBADI (seperti nomer kartu kredit, KTP, dsb) kepada peter!!

Harap waspada.

Sedikit informasi teknis untuk sesama programmer:
Sistem Peter Answers menggunakan AJAX, yang mengirim data ke server (menggunakan script ajaxian sepertinya). Script utamanya adalah [http://www.peteranswers.com/js/engine.js] yang menyimpan perintah untuk conversi karakter pada saat mengetikkan. Bila anda bosan, coba saja bonkar script itu.

sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=956976